Gunung Kerinci Meletus, Ini Skenario Evakuasi yang Disiapkan BPBD


JAMBI - Kepala Seksi Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi, Dalmanto, mengatakan saat ini pihaknya tengah menyiapkan skenario evakuasi terhadap warga jika sewaktu-waktu terjadi letusan Gunung Kerinci.

Dalmanto menyebutkan, ada tiga desa yang lokasinya berjarak hanya sekitar 5 km dari kaki gunung tertinggi di Sumatera tersebut, yakni Gunung Labu, Kersik Tuo, dan Sungai Kering. Menurut Dalmanto, skenario evakuasi terhadap warga ketiga desa tersebut telah disiapkan.

Untuk Desa Gunung Labu, jika terjadi letugas Gunung Kerinci warga akan dikumpulkan (titik temu) di lapangan sepakbola desa setempat. Kemudian warga Sungai Kering titik temunya di depan kantor desa setempat.

Sementara warga Kersik Tuo, dikumpulkan di lapangan sepakbola yang berada di belakang Polsek Kayu Aro, yang merupakan lokasi evakuasi awal.

"Setelah berkumpul di titik temu, warga Gunung Labu dan Sungai Kering dibawa ke lapangan sepakbola Desa Kersik Tuo, yang berjarak 12 kilometer dari gunung. Setelah itu barulah semua warga dievakuasi dari daerah itu," bebernya.

Saat ini, lanjut Dalmanto, antara pihak BPBD, SAR, Dinas Kehutanan, relawan, dan masyarakat peduli bencana terus berkoordinasi terkait perkembangan status Gunung Kerinci. Selain itu, kata Dalmanto, juga sudah dilakukan pelatihan tanggap bencana terhadap sejumlah warga, khususnya yang bermukim di dekat Gunung Kerinci.

"Satu desa sekitar 30 orang kita latih untuk tanggap bencana. Saat ini komunikasi dan koordinasi juga terus kita galakkan, mengingat status gunung waspada level II," pungkasnya.

source
Share:

Labels

Blog Archive

Berita Pilihan

BANGGA Kerinci Ditetapkan Sebagai top Branding Pariwisata Provinsi Jambi

Kabupaten Kerinci akhirnya ditetapkan sebagai branding pariwisata Provinsi Jambi oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia. Penetapan ...