Harga Karet Jambi yang Melonjak Naik, Pengamat Pesimis Harga Bisa Bertahan Lama


JAMBI- Harga karet Jambi menunjukkan kenaikan dalam sepekan terakhir, terutama di Bungo. Harga karet dalam sepekan terakhir sudah mencapai angka Rp 15.400 per kilogram. Jumlah ini naik drastis jika dibandingan dengan pekan-pekan kemarin yang berada pada angka Rp 4.500 – Rp 7.000 saja.

Pengamat Ekonomi Jambi, Samsurizal mengatakan, kenaikan harga karet itu memang prilaku produk pertanian. Samsurizal tidak terlalu optimis harga akan bertahan lama. “Ini hukum pasar,” katanya.

Kemungkinan, karet di pasaran tidak terlalu banyak, karena selama ini harga karet rendah sehingga suplai karet di pasar tertahan oleh produsen. “Suplai kurang harga naik, wajar saja,” jelasnya.

Mekanisme itu biasa. Apalagi ekonomi dunia belum begitu baik dan dimain terhadap karet tidak begitu bagus. “Dugaan Saya tidak begitu lama. Jika ingin harga karet normal, harus ciptakan kualitas yang bagus, bangun industri hilir dan tidak tergantung dunia. Apalagi negara competitor karetnya banyak yang bagus,’’ katanya.

“Kalau ekonomi dunia bagus baru harga karet bagus,” imbuhnya

Share:

Labels

Blog Archive

Berita Pilihan

BANGGA Kerinci Ditetapkan Sebagai top Branding Pariwisata Provinsi Jambi

Kabupaten Kerinci akhirnya ditetapkan sebagai branding pariwisata Provinsi Jambi oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia. Penetapan ...