Jalan Kerinci - Sumbar Diblokir Lagi


KERINCI - Jalan Siulak Deras, Kerinci menuju Padang Aro, Sumatera Barat kembali diblokir warga, Kamis (28/4). Aktivitas warga dan kendaraan pun lumpuh.

Pemblokiran jalan merupakan dampak dari kekecewaan warga terhadap Pemkab Kerinci yang tidak mengindahkan permintaan warga agar galian C di Siulak Deras segera ditertibkan.

Aksi merupakan pemblokiran ketiga kali yang dilakukan warga, pasca banjir yang terjadi di Siulak Deras. Kondisi tersebut memaksa kemacetan panjang terjadi sejak Rabu sore kemarin hingga Kamis siang ini. Ratusan kendaraan dan travel menuju Padang terjebak macet.

“Kami minta Pemkab Kerinci segera mengantisipasi masalah ini, kalau dibiarkan mobilitas perekonomian akan terganggu, karena hasil pertanian tidak bisa dibawa ke pasar untuk diperjual belikan,” ungkap Antoni, petani Kayu Aro.

Rio Hardian, seorang supir travel mengeluhkan pemblokiran jalan ini. Sejak Rabu sore jalan tidak bisa dilalui sampai sekarang.

Wakil Bupati (Wabup) Kerinci, Zainal Abidin mengatakan, pihaknya sudah mengintruksikan kepada beberapa pihak terkait untuk turun langsung ke lokasi.

"Memang curah hujan cukup tinggi. Banjir tidak hanya terjadi di Siulak Deras Mudik, tapi juga di beberapa kecamatan lain. Kami sudah intruksikan instansi terkait agar turun ke lokasi," kata Zainal.

Beberapa hari lalu dilakukan pembongkoran gorong-gorong di titik banjir di Siulak Deras Mudik, namun baru separuh dilakukan. Hari ini diintruksikan Dinas PU untuk membongkar seluruhnya.

Mengingat jalan ini berstatus jalan nasional, Zainal sudah menelepon PPTK jalan nasional agar membangun box culvert ukuran besar di Siulak Deras Mudik, karena box culvert yang ada saat ini tidak sanggup menampung derasnya air.

"Sudah saya huhungi, katanya akan segera dibangun. Mudah-mudahan jika box culvert besar ini selesai tidak ada lagi banjir di Siulak Deras Mudik," kata Zainal.

Share:

Labels

Blog Archive

Berita Pilihan

BANGGA Kerinci Ditetapkan Sebagai top Branding Pariwisata Provinsi Jambi

Kabupaten Kerinci akhirnya ditetapkan sebagai branding pariwisata Provinsi Jambi oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia. Penetapan ...