Gunung Kerinci Erupsi Hingga 200 Kali Perhari


KERINCI – Gunung Kerinci terus mengaami erupsi. Menurut data yang diterima Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi, setidaknya erupsi terjadi 100 hingga 200 kali perharinya.

Kepala BPBD Provinsi Jambi, Arief Munandar, menyebut bahwa Gunung Kerinci saat ini dalam keadaan cukup aktif.

"Gunung Kerinci saat ini cukup aktif, jadi satu hari dalam waktu 24 jam Gunung Kerinci menghembuskan erupsi antara 100 sampai 200 kali perhari, makanya kita melakukan koordinasi,” ujarnya ditemui di Kerinci.

Menurutnya, BPBD Provinsi Jambi telah turun langsung ke Kabupaten Kerinci untuk berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat terkait aktivitas Gunung Kerinci itu.

“Kami datang ke Kerinci untuk berkoordinasi tentang penanganan erupsi Gunung Kerinci dengan pemerintah daerah,” tegasnya.

Selain itu, kata Arief, pihaknya juga ingin melihat langsung persiapan Desa Tangguh yang telah dibentuk oleh BPBD Provinsi di Kayu Aro, tepatnya di Desa Sungai Kering dan Gunung Labu.

"Desa tangguh ini nanti yang akan membantu dan mengevakuasi warga, apabila terjadi erupsi di Gunung Kerinci, " sebut Arief.

Ditambahkan Arief, apabila Pemkab Kerinci butuh bantuan dari BPBD Provinsi Jambi, pihaknya siap untuk membantu. "Kita siap membantu jika dibutuhkan. Tugas kita mendampingi kabupaten dan membantu," pungkasnya.

Share:

Labels

Blog Archive

Berita Pilihan

BANGGA Kerinci Ditetapkan Sebagai top Branding Pariwisata Provinsi Jambi

Kabupaten Kerinci akhirnya ditetapkan sebagai branding pariwisata Provinsi Jambi oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia. Penetapan ...