Ini Dia Jalan Evakuasi Jika Gunung Kerinci Meletus


KERINCI - Kondisi Gunung Kerinci, hingga saat ini terus mengeluarkan asap tebal dari dalam kawah.

Namun, belum berdampak terhadap aktifitas warga yang berada di kaki Gunung tertinggi di Sumatera ini. Meski belum menganggu aktifitas warga, Pemerintah Kabupaten Kerinci saat ini terus mengupaya proses jalan evakuasi jika terjadi letusan Gunung Kerinci ini.

Persoalannya hingga saat ini jalan evakuasi yang diusulkan dari pemimpin sebelumnya ke Pemerintah Pusat sampai ini belum juga terealisasi. Pasalnya jalan evakuasi yang diusulkan ini melewati Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).

Bupati Kerinci, H. Adirozal, saat dikonfirmasi wartawan (18/4) kemarin, membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten terus mendesak Pemerintah Provinsi Jambi untuk melobi ke Pemerintah Pusat terkait dengan jalan Evakuasi di kabupaten Kerinci.

"Ya, kita terus memperbaiki surat usulan jalan evakuaainya Gubernur mengatakan dalam waktu dekat, dirinya akan menyampaikan kepada ibu Menteri untuk minta Izin," kata Bupati

Mantan Wakil Walikota Padang Panjang, juga mengatakan bahwa, untuk mempercepat jalanevakuasi pihaknya memprioritaskan jalan evakuasi ini pada Musrembang Provinsi nanti. "Nanti kita akan sampaikan pada Musrenbang di Provinsi Jambi, yang diakan dilaksanakan nantinya," ucapnya.

Dia juga menyebutkan, untuk jalan evakuasi ini, ada Tiga titik jalan yang direncanakan untuk diusulkan ke Pemerintah pusat. Yakni dibuka Pauh Tinggi tembus ke Muaro Bungo, Lempur ke Merangin dan Lempur ke Muko-muko.

"Tapi untuk jalan evakuasi Lempur ke Muko-muko ini, persoalannya apabila terjadi Tsunami di Muko-muko makan mereka akan ke Kerinci, nanti tiga titik," tandasnya.

Share:

Labels

Blog Archive

Berita Pilihan

BANGGA Kerinci Ditetapkan Sebagai top Branding Pariwisata Provinsi Jambi

Kabupaten Kerinci akhirnya ditetapkan sebagai branding pariwisata Provinsi Jambi oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia. Penetapan ...