Dinyatakan Tanggap Darurat, Ini Bantuan yang Akan Didistribusikan ke Lempur Tengah



Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kerinci Drs. Evi Rasmianto menyebutkan bahwa musibah kebakaran di Lempur Tengah Kecamatan gunung Raya yang terjadi pagi tadi (8/8) merupakan kejadian yang sudah masuk kategori tanggap darurat.

Hal ini dikatakan Evi melalui telepon selular kepada petisinews.com. "Kalau sudah lebih dari 20 buah rumah itu kan sudah tanggap darurat," kata dia.

Dalam komunikasi dirinya dengan Bupati H Adirozal, pihaknya diminta untuk melakukan validasi data secepat mungkin.

Dikatakan Evi, sesaat setelah terjadinya musibah itu, pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan Dinsosnakertrans terkait bantuan yang akan didistribusikan. "Nanti sore, BPBD dan Dinsosnakertrans akan mendirikan tenda di lokasi," ungkap Evi.

Selain mendirikan tenda, dari Dinsosnakertrans juga akan mendistribusikan bahan makanan dan selimut. Sementara BPBD nantinya akan mendistribusikan bantuan untuk membangun tempat tinggal korban kebakaran. Bantuan itu berupa papan, atap seng, tripleks, dan lainnya.

"Secepat mungkin data akan divalidkan. Nanti baru akan dibawa dalam rapat Senin besok," katanya.

Bantuan yang akan diberikan itu berasal dari APBD tahun 2015. Namun demikian Evi belum bisa memastikan apakah anggaran yang tersedia cukup atau tidak. "Bisa saja nanti kita tambah dalam pengajuan APBD Perubahan 2015. Makanya data harus kita validkan dulu ," papar Evi.

Terkait dengan bantuan yang bersifat darurat, Evi menegaskan sejak pagi tadi sudah mulai didistribusikan.

Sementara itu, Camat Gunung Raya Sarkani Mursal menyebutkan hingga saat ini korban kebakaran baru menerima bantuan bahan makanan dari Dinsosnakertrans.

Selain itu, Dinsosnakertrans juga sudah mendirikan tenda di lokasi. "Nakertrans sudah mendirikan tenda, BPBD belum ada," kata Sarkani kepada jurnalis, sore tadi (8/8), pukul 16.14 wib.

sumber: petisinews
Share:

Labels

Blog Archive

Berita Pilihan

BANGGA Kerinci Ditetapkan Sebagai top Branding Pariwisata Provinsi Jambi

Kabupaten Kerinci akhirnya ditetapkan sebagai branding pariwisata Provinsi Jambi oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia. Penetapan ...