Genjot Minat Baca, Ini Kiat Perpustakaan Sungaipenuh



Kantor Perpustakaan Sungaipenuh terus berupaya meningkatkan minat baca masyarakat. Berbagai upaya dan teeobosan sudah dilakukan. Hal ini sesuai dengan visi menjadikan perpustakaan dan arsip sebagai pusat informasi dan sumber belajar masyarakat.

Hal ini diungkapkan oleh Hendripal, Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip kota Sungaipenuh. "Untuk mendapatkan layanan perpustakaan, masyarakat dapat datang langsung kesini di jalan Jendral Ahmad Yani nomor 1 Sungaipenuh," kata Hendripal.

Hendripal mengatakan kedepan, pihaknya akan melaksanakan program pelayanan untuk membantu masyarakat seperti les komputer dan bahas Inggris gratis.

Begitu juga konsep untuk menumbuhkan minat baca masyarakat. Bahkan ruangan perpustakaan harus diset sehingga memliki daya tarik. "Untuk diluar gedung ada wisata kuliner untuk pembaca," terangnya.

Disamping itu untuk buku perpustakaan sekarang ini ada 5.883 eksemplar dengan bermacam koleksi buku. Sementara program perpustakaan online juga direncanakan akan diajukan tahun ini.

"Untuk perpustakaan desa saat ini dari 69 desa di kota Sungaipenuh ada 21 desa yang punya perpustakaan desa, itu pun tidak aktif,. Maka kita berusaha mengaktifkan untuk perpustakaan desa," tegasnya,

Hendripal kembali menekankan keberadaan bangunan gedung, tanpa gedung dan fasilitas yang bagus, maka perpustakaan tidak akan berkembang.

"Untuk minat baca masyarakat masih minim, untuk itu kita gencar sosialisasi keberadaan perpustakaan kita ini," katanya.

Perpustakaan Sungaipenuh baru terbentuk pada tanggal 20 Januari 2014 , dan untuk waktu pelayanan hari Senin- Kamis, pukul 07.30-15.30 wib, sementara khusu Jum'at pukul 07.30-11.30 wib.

sumber: sakti news
Share:

Labels

Blog Archive

Berita Pilihan

BANGGA Kerinci Ditetapkan Sebagai top Branding Pariwisata Provinsi Jambi

Kabupaten Kerinci akhirnya ditetapkan sebagai branding pariwisata Provinsi Jambi oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia. Penetapan ...