Longsor, Jalur Padang - Kerinci Lumpuh Total


Jalan nasional yang menghubungkan Padang-Kerinci Provinsi Jambi kembali tertutup timbunan dari material longsor tanah di Nagari Lolo , Kabupaten Solok, Sumatera Barat, dan tidak bisa dilalui kendaraan Sabtu (26/3).

Ketua Badan Perwakilan Nagari (BPN) Lolo Arman,di saat di hubungi melalui selularnya mengatakan, Jika material tanah yang menutup badan jalan tersebut merupakan bekas longsoran lalu yang belum bersih sepenuhnya.

"Tanah bekas longsor tersebut terus bergerak kearah jalan sehingga saat hujan turun material tersebut langsung menutup jalan raya", katanya.

Dia mengatakan, jalan mulai tertutup sejak pukul 07.00WIB dan hingga sekarang belum bisa dilalui kendaraan.

"Alat berat sedang bekerja di lokasi membersihkan material longsor sedangkan kemacetan cukup panjang sekitar 2 kilometer," katanya.

Sementara itu Camat Pantai Cermin Syaiful Anwar ketika dihubungi mengatakan, jika longsor susulan tersebut akibat tanah yang sudah berada di pinggir jalan kembali bergerak sehaingga menutup jalan utama.

"Pemerintah sudah mengerahkan dua unit alat berat untuk membersihkan material longsor tersebut dan sekarang masih bekerja," katanya.

Hingga sekarang katanya, kendaraan belum bisa melintas karena petugas sedang bekerja membersihkan lokasi longsor.

Ia menyebutkan tidak ada jalur alternatif yang bisa dilewati kendaraan bermotor.

"Yang ada cuma jalan setapak, dan itu tidak bisa dilewati kendaraan bermotor termasuk sepeda motor," katanya.

Bagi masyarakat yang ingin melanjutkan perjalanan ke Padang atau ke arah Kerinci, katanya, terpaksa harus menyambung kendaraan.

Dia menambahkan, untuk pembersihan jalan ini sudah dilakukan koordinas dengan pihak Provinsi pada Rabu 23/3 yang lansung dipimpin Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit. (*)

Sumber:antarasumbar.com
Share:

Labels

Blog Archive

Berita Pilihan

BANGGA Kerinci Ditetapkan Sebagai top Branding Pariwisata Provinsi Jambi

Kabupaten Kerinci akhirnya ditetapkan sebagai branding pariwisata Provinsi Jambi oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia. Penetapan ...