Abu Vulkanik Gunung Kerinci Serang Rumah Warga Padang Aro

KERINCI - Meski masih berstatus Waspada, namun aktivitas Gunung Kerinci terus mengalami peningkatan. Belakangan diketahui, Minggu dini hari tadi (16/4), sempat ada dentuman keras dari Gunung Kerinci.

Informasi dari petugas Pemantau Gunung Kerinci di R10, selain dentuman, sekitar pukul 08.00 WIB tadi pagi, kawah Gunung tertinggi di Sumatera ini sempat mengeluarkan asap hitam pekat setinggi 300 meter.

Sementara itu, informasi yang diperoleh dari Padang Aro, Sumbar, beberapa hari terakhir ini warga sering mendapati abu dalam jumlah cukup banyak menempel di teras dan dinding rumah warga. Diduga kuat abu tersebut merupakan abu vulkanik dari kawah Gunug Kerinci.

"Iya, beberapa hari belakangan ini banyak abu di teras rumah, sepertinya abu vukanik dari Gunung Kerinci," ujar Ezi, salah satu warga Kabupaten Kerinci yang bertugas di Padang Aro.

Ezi mengakui semburan asap Gunung Kerinci terlihat jelas dari kediamannya di Padang Aro di pagi hari, karena jarak puncak Gunung yang berdiri di perbatasan Kerinci dan Sumbar ini dengan kediamannya hanya sekitar 8 kilo meter.

Beberapa hari terakhir ini, semburan asap tebal dari Gunung Kerinci itu terlihat mengarah ke selatan dan tenggara, tepatnya ke Sumatera Barat.

"Pagi hingga siang ini gunung kerinci tertutup kabut, tidak kelihatan," tutupnya.

klik source
Share:

Labels

Blog Archive

Berita Pilihan

BANGGA Kerinci Ditetapkan Sebagai top Branding Pariwisata Provinsi Jambi

Kabupaten Kerinci akhirnya ditetapkan sebagai branding pariwisata Provinsi Jambi oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia. Penetapan ...