Lapas Banceuy Rusuh dan Terbakar, Ini Pemicunya


Lapas Banceuy dilanda kerusuhan. Dalam kerusuhan tersebut ratusan warga binaan dilaporkan merusak kendaraan lapas dan membakar gedung Lapas Banceuy. Tak kurang dari 25 orang terluka dalam insiden kerusuhan tersebut. Kerusuhan yang terjadi di Lapas Banceuy, Bandung, Jawa Barat, diawali dengan ditemukannya seorang warga binaan bernama Endang Kosim dalam keadaan gantung diri, Sabtu (23/4/2016) dini hari tadi.


Peristiwa tersebut memunculkan tudingan bahwa Endang telah dianiaya oleh petugas lapas. Selain baku pukul dengan petugas, napi yang berjumlah sekitar 300 hingga 400 orang tersebut juga ikut merusak gedung dan membakarnya. Sedikitnya 8 unit mobil pemadamkan diterjunkan untuk memadamkan kobaran api di Lapas Banceuy. Tak ketinggalan puluhan personil dari kepolisian pun ikut berjaga di seputaran lapas. “Para yang melakukan kerusuhan tersebut menyangka bahwa napi itu (Endang) tewas karena disiksa, padahal ia meninggal karena gantung diri. Mungkin ada yang memprovokasi,” ucap Kepala Lapas Banceuy, Agus Irianto.

Usai kerusuhan yang berakhir dengan pembakaran Lapas Banceuy tersebut, beberapa warga binaan nampaknya masih menyimpan amarah, wajah emosi dari warga binaan masih terlihat ketika puluhan personel dari Brimob Polda Jawa Barat berjaga-jaga, teriakan para warga binaan terdengar di Blok B Lapas Banceuy. “Bukan gantung diri, tapi dibunuh,” ujar salah satu napi.

Terkait insiden tersebut, Polrestabes Bandung telah meminta keterangan dari 4 petugas pengamanan Lapas Banceuy dan 7 orang warga binaan lapas. “Tujuh napi kita amankan. Kepala Pengamanan Lapas dan 3 orang sipir juga kami mintai keterangan,” ucap Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Kota Besar Bandung, Ajun Komisaris Besar M. Ngajib.

Terkait kematian Endang, kata Ngajib, polisi akan melakukan penyelidikan adanya dugaan penganiayaan terhadap tahanan tersebut. Untuk saat ini, tewasnya Undang di sel isolasi diakibatkan gantung diri. “Kami akan menyelidiki kasus ini,” kata Ngajib.

Share:

Labels

Blog Archive

Berita Pilihan

BANGGA Kerinci Ditetapkan Sebagai top Branding Pariwisata Provinsi Jambi

Kabupaten Kerinci akhirnya ditetapkan sebagai branding pariwisata Provinsi Jambi oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia. Penetapan ...