Jokowi Puji Kepala Desa Teladan yang Sempat Dianggap Gila



Presiden Joko Widodo memuji kinerja Kepala Kampung atau Kepala Desa Gurimbang, Kecamatan Sambaliung, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Madri Pane. Madri merupakan kepala desa teladan yang diundang presiden ke Istana Bogor karena berhasil mengubah perilaku warganya.

"Kalau semua kepala desa begini, bagus, sudah rampung pembangunan ini," kata Jokowi di Istana Bogor, Selasa (18/8).

Madri dipersilakan untuk maju ke atas panggung dan berdialog dengan Presiden Jokowi. Dengan semangat, dia menceritakan prestasi yang dibuatnya.

Dia mengaku prihatin dengan kondisi masyarakat Desa Gurimbang yang tidak memiliki jamban dan selalu buang hajat di rawa yang tidak mengalir. Hampir seluruh rumah di sana didirikan di atas rawa. Biasanya, warga membuang hajat dengan membuka lantai dapur yang terbuat dari sehelai kain atau papan kayu.

Madri mengakui, memang untuk mengubah perilaku yang sudah menjadi kebiasaan warga kampungnya tidaklah mudah. Bahkan dirinya sempat dianggap gila atas program yang dibuatnya.

"Dulu itu hampir mayoritas masyarakat itu buang hajat di rumah, buka satu papan. Kalau tidak mengubah perilakunya, kotoran itu gak ngalir ke mana-mana, di bawah itu rawa-rawa atau tanah. Jadi bau, virus akan menyebar ke mana-mana dan saya gak sangka mendapat perhatian dari pemerintah," jelas Madri menceritakan.

"Saya sempat dianggap orang gila. Karena saya paksa masyarakat. Ditentang juga saya. Karena alasannya gini, masyarakat kurang puas buang air besar di tempat yang seperti itu (jamban). mereka inginnya di pinggir sungai, tempatnya luas, yang mengalir," imbuhnya.

Madri lalu berinisiatif membuat program jamban sehat. Dimulai dengan sosialisasi dan targetnya adalah seluruh warga Desa Gurimbang, yang mencapai 1.206 jiwa dari 321 kepala keluarga.

Keterbatasan anggaran pengadaan jamban disiasati Madri dengan menggandeng perusahaan swasta untuk menyalurkan bantuan melalui program corporate social responsibility (CSR). Dalam waktu tiga tahun, program yang digagas Madri berbuah hasil. Kini, semua rumah di desa yang dipimpinnya telah memiliki jamban. (*)

sumber: merdeka.com
Share:

Labels

Blog Archive

Berita Pilihan

BANGGA Kerinci Ditetapkan Sebagai top Branding Pariwisata Provinsi Jambi

Kabupaten Kerinci akhirnya ditetapkan sebagai branding pariwisata Provinsi Jambi oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia. Penetapan ...