Wabup ZA, Minta Warga Pungut Lestarikan Sigi


Wakil Bupati Kerinci Zainal Abidin (ZA) himbau warga 3 desa di kawasan Pungut Kecamatan Air Hangat Timur Kabupaten Kerinci untuk tetap merawat dan melestarikan tanaman pinus atau kayu sigi yang hanya dapat hidup di Pungut. 

Hal ini disampaikan Wabup dalam wawancara khusus dengan wartawan media ini kemaren (14/1). "Pinus strain Kerinci atau kayu sigi merupakan salah satu dari 4000 jenis flora endemik Kerinci dan berada di dalam kawasan TNKS. Tanaman kayu sigi hidup dan tumbuh subur di kawasan Pungut Mudik dan sekitarnya, dan tidak bisa tumbuh di daerah lain," kata ZA.

Untuk diketahui, sebuah sumber menyebutkan bahwa pinus yang tumbuh secara alami di Indonesia hanyalah pinus merkusi yang hanya terdapat di 3 tiga daerah di Pulau Sumatera. 

yaitu Kerinci, Tapanuli, dan Aceh. Oleh Lamb dan Cooling ketiganya dinamakan strain, namun ada juga yang menganggapnya provenansidan bahkan untuk strain Kerinci disebut juga sebagai "galur" Kerinci yang secara alami dapat dijumpai di wilayah kerja Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), khususnya pada dataran tinggi di Bukit Tapan, Pungut Mudik, Pungut Ilir, Pungut Tengah, Gunung Tebakar, dan tempat tumbuh alami lainnya yang belum diketahui secara pasti. Jmlah individu pohon dalam populasinya sangat sedikit. Pinus merkusii strain Kerinci ditemukan oleh Cordes (1867) dengan nama daerah "sigi" dan dapat ditemukan tumbuh pada ketinggian 1.010 mdpl sampai .206 mdpl. 

Menurut Wabup, kayu sigi yang selama ini tumbuh dan hidup secara alami di daerah Pungut saat ini jumlahnya mulai berkurang. Ia meminta agar masyarakat Pungut untuk tetap merawat dan melakukan budidaya agar kayu sigi khas Kerinci ini tidak punah karena sigi tumbuhnya hanya di Pungut Kabupaten Kerinci.

sumber : petisi news
Share:

Labels

Blog Archive

Berita Pilihan

BANGGA Kerinci Ditetapkan Sebagai top Branding Pariwisata Provinsi Jambi

Kabupaten Kerinci akhirnya ditetapkan sebagai branding pariwisata Provinsi Jambi oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia. Penetapan ...